by

Bersinergi Penuh, PUSAKA Dukung dan Sukseskan Momen Pelantikan Gubernur-Wagub Kaltara

-Nasional-4,301 views
1 / 100

Persekutuan Suku Asli Kalimantan Kota Tarakan (PUSAKA) menyatakan kesiapannya menjadi garda terdepan atas rencana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) terpilih 2021-2026, Zainal Arifin Paliwang – Yansen TP.

Pernyataan itu diutarakan Ketua DPC Pusaka Kota Tarakan, Agus Toni (49), sewaktu mendeklarasikan dukungan kepada Zainal dan Yansen.

Pusaka berharap, kedepannya Gubernur dan wakil gubernur terpilih dapat lebih menjadikan Kalimantan Utara, khusunya kota Tarakan lebih maju dan sejahtera.

“Pesta demokrasi pilkada 2020 yang sudah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia telah selesai, kuhususnya pilkada Gubernur dan wakil Gubernur kalimantan Utara. Maka kami persekutuan suku asli kalimantan kota tarakan (PUSAKA) DPC kota tarakan sebagi garda terdepan di kaltara siap mendukung dengan jiwa dan raga atas pelantikan gubernur dan wakil gubernur kalimantan utara utk menuju kaltara maju dan sejahtera,”ujar Toni, melalui keterangan resminya, Sabtu (30/1/2021).

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kaltara, Dt. Iqro Ramadhan bersama beberapa OPD telah melaksanakan rapat persiapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Selasa (26/1) lalu.

Menurut Iqro, masa jabatan Dr H Irianto Lambrie – H Udin Hianggio akan berakhir pada 12 Februari 2021. Dari itu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Pilkada serentak 2020 akan dilakukan pada saat bersamaan atau setelahnya.

Hal itu, menurut Datu Iqro berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan Perpres Nomor 16 Tahun 2016, serta surat Edaran tentang Penegasan dan Penjelasan Terkait Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan Nomor 273/487/SJ, tertanggal 21 Januari 2020 yang ditujukan untuk Gubernur, Bupati/Walikota di seluruh Indonesia.

“Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk rencana pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Utara, termasuk Bupati dan wakil Bupati Terpilih untuk Kabupaten Bulungan dan KTT,” ungkapnya.

Sesuai dengan informasi yang diterima, sambung Datu Iqra, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur rencananya akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta dan dilanjutkan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kemendagri.

Sedangkan untuk tanggalnya Dt. Iqra masih menunggu kepastian. Mengingat masih ada beberapa opsi dari Kemendagri. Salah satunya karena tanggal 12 Februari itu sendiri, bertepatan dengan hari libur untuk peringatan Tahun Baru Imlek.

“Karena tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal merah, kemungkinan pelantikannya akan dilakukan 13 Februari atau 15 Februari. Namun untuk kepastiannya kita tunggu penyampaian lebih lanjut dari Kemendagri,” tandasnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed