by

ISESS : Kapolri Tegas dan Profesional, Stabilitas Kamtibmas Perlu Dikawal

-Nasional-35,190 views
1 / 100

JATIM – Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen akan menegakkan hukum secara adil tanpa pandang bulu ketika diberi amanah sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

Menurut dia, ada banyak saran masukan dan kritik serta harapan Polri ke depan. Terutama, bagaimana untuk tetap mewujudkan rasa keadilan agar organisasi Polri yang transparan serta kondisi lain yang harus diperbaiki.

“Sebagai contoh, ke depan tidak boleh lagi ada hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,” kata Listyo.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto pun mendukung ketegasan Jenderal Listyo untuk profesional menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

“Maka penting sekali kepolisian untuk konsisten juga menertibkan pihak yang merasa di barisan pemerintah untuk juga tidak membuat kegaduhan-kegaduhan,” tegas Bambang, hari ini.

Selain itu, dia menegaskan bahwa menciptakan stabilitas Kamtibmas memang tupoksi dari Polri. Dan Pemerintah tentunya memerlukan dukungan maksimal untuk pemulihan ekonomi dari semua pihak.

“Di sini peran Polri tentunya sangat signifikan,” kata Bambang lagi.

Kendati demikian, Bambang berpesan agar implementasi dari peran Polri untuk menciptakan stabilitas kamtibmas perlu dikawal.

“Agar tidak keluar dari tupoksi Polri sendiri,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed