Akankah Anies Baswedan Jadi Tersangka Kasus Formula E? Pengamat : Kita Tunggu Kabar dari KPK

Nasional2,346 views
7 / 100

JAKARTA – Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando EMas angkat bicara perihal pemeriksaan Anies Baswedan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal kasus dugaan korupsi Formula E.

“Pemeriksaan Anies Baswedan murni sebagai upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran penyelenggaraan Formula E dan penyalahgunaan wewenang sebagai Gubernur DKI Jakarta,” tegas Fernando Emas, hari ini.

Menurutnya, penyelidikan yang dilakukan tentunya atas adanya informasi awal tentang dugaan penyalahgunaan anggaran penyelenggaraan Formula E dan wewenang sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Sangat kurang tepat pernyataan Bambang Widjojanto (BW) yang menyebut PDIP dan PSI mempolitisasi isu Formula E untuk menjatuhkan Anies,” katanya.

Kata dia, sebagai mantan pimpinan KPK seharusnya mendukung pihak-pihak yang mendorong pemberantasan korupsi termasuk atas dugaan korupsi dana penyelenggaraan Formula E. Atau jangan-jangan karena memiliki pengalaman sebagai pimpinan KPK, BW menjadi konsultan Anies Baswedan untuk lolos dari jeratan hukum yang ditangani oleh KPK.

“Saya tidak heran atas pernyataan Anies setelah diperiksa yang mengatakan ingin membantu KPK karena Anies ingin mencitrakan dirinya benar-benar tidak terlibat atas dugaan korupsi dana penyelenggaraan Formula E,” sebutnya.

Fernando Emas berpesan agar lembaga antirasuah terus mendalami tentang lebih mahalnya commitment fee penyelenggaraan Formula E di Jakarta dibandingkan negara lain, seperti yang pernah disampaikan oleh salah satu Wakil Ketua KPK Alexander.

Selain itu, lanjut dia, atas informasi yang diberikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membayar commitment feeĀ Formula EĀ sebelum Perda APBD Perubahan 2019 disahkan.

“Jadi sangat berpotensi Anies ditetapkan sebagai tersangka atas kasus Formula E. Masyarakat sangat berharap KPK segera menentukan kasus Formula E apakah dinaikkan ke tahap penyidikan atau dihentikan dan saya berharap KPK jangan mau intervensi oleh pihak manapun,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.