Ketua SWIM Sikapi Penyelesaian Lahan Warga di Kawasan Mandalika Kuta Lombok Tengah

Nasional17,638 views
6 / 100

Lombok – Ketua SWIM, Lalu Ahmad Alamin membuka pertemuan dengan menyampaikan persoalan dan kondisi warga di Dusun Ujung Lauk dan dan Dusun Ebunut Desa Kuta yang terisolir Sikruit MotoGP Mandalika termasuk juga menyampaikan persoalan status lahan milik warga yang belum dibebaskan oleh PT ITDC selaku pengembang KEK The Mandalika.

“Kami menekankan akar permasalahan di lapangan bukan sebatas kesulitan akses melainkan perselisihan status lahan yang mereka tempati dengan pihak pengembang, dalam hal ini PT ITDC,” katanya.

Lalu Alamin menegaskan, bahwa warga akan dengan sukarela direlokasi saat ini juga asalkan pihak ITDC bisa menunjukkan bukti-bukti penguasaan lahan secara jelas kepada warga. Jika tidak, maka pihak ITDC harus menempuh cara penyelesaian yang saling menguntungkan dengan pihak warga.

“Apabila pihak pengembang saat ini memang benar mengalami kesulitan keuangan seperti yang disampaikan Bapak Gubernur, maka warga juga bersedia meninggalkan lahan yang mereka tempati saat ini selama ada komitmen dan perjanjian hitam di atas putih dari pengembang untuk menyelesaikan persoalan ini secara berkeadilan. Warga juga sudah tidak nyaman tinggal di lahan mereka karena situasi di lapangan saat ini,” tegasnya.

Selama akar permasalahan tanah tersebut belum terselesaikan, maka persoalan serupa akan terus terjadi.

“Untuk mempercepat menyelesaikan permasalahan ini, Pemprov NTB membentuk tim kecil yang terdiri atas tim appraisal Polda NTB, SWIM, dan tokoh masyarakat. Tim dipimpin ketua tim appraisal, AKBP Awan Hariono dan sebagai perwakilan dan penghubung pemerintah provinsi dengan tim tersebut, Gubernur menunjuk kepala Bakesbangpoldagri NTB, Lalu Abdul Wahid.

SWIM dan perwakilan warga yang terisolir, memastikan akan menyelesaikan dan tidak akan membiarkan masyarakat dirugikan akibat dampak pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika.

“Sebagai pemimpin saya tidak akan membiarkan masyarakat dirugikan oleh pembangunan, semoga permasalahan ini bisa terselesaikan dan kami masyarakat Kuta-Lombok mendukung kegiatan World Superbike Mandalika.” pungkas Ketua SWIM Lalu Ahmad Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *