Kendala Kasus Formula E, Pengamat Yakin KPK Tahu Caranya Peroleh Data dari FEO

Nasional10,194 views
7 / 100

Perkembangan kasus dugaan korupsi Formula E masih menjadi perhatian. Hal itu karena LPJ Formula E yang belum juga dipublikasi.

Sejumlah pihak juga masih menanti keberanian KPK untuk meningkatkan staus kasus menjadi penyidikan.

Pengamat politik Fernando Emas mengatakan pihaknya sangat menantikan kenaikan status kasus tersebut.

“Saya sangat berharap KPK memiliki keberanian untuk segera melakukan gelar perkara dan meningkatkan Formula E ke tahap penyidikan. Serta meningkatkan status Anies Baswedan menjadi tersangka berdasarkan bukti dan keterangan saksi yang sudah dimiliki oleh KPK,” kata Fernando Emas dikutip dari Rumah Politik Indonesia pada 4 Januari 2023.

Ia menilai lambannya upaya KPK membuat beberapa pihak mengambil celah dan menggiring opini bahwa kasus itu bermuatan politik.

“Jangan ada yang mencoba untuk melakukan intervensi kepada KPK karena kalau sampai kasus dugaan korupsi Formula E dihentikan tanpa dasar yang kuat maka akan habis tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga anti rasuah tersebut.”

“Justru saya melihat KPK memiliki dasar yang kuat untuk meningkatkan status kasus Formula E ke tahap penyidikan serta meningkatkan status Anies menjadi tersangka berdasarkan kesaksian ahli hukum dan saksi yang sudah memberikan keterangan kepada KPK.”

Terkait kendala yang dialami KPK, ia menilai lembaga itu pasti bisa melaluinya sesuai dengan kapasitasnya.

“Saya yakin KPK tahu cara dan strategi untuk mendapatkan keterangan serta informasi dari FEO. Informasi dan keterangan dari FEO bukanlah satu-satunya yang dibutuhkan oleh KPK dalam meningkatkan status Formula E ke penyidikan dan menentukan status Anies.”

Ia juga menyebutkan dasar hukum bahwa KPK sudah layak menaikkan status kasus tersebut.

“Kalau mendengarkan keterangan dari ahli hukum dan saksi yang sudah dimintai keterangannya oleh KPK, sudah cukup bukti untuk meningkatkan status Formula E dan Anies Baswedan.”

Terakhir, ia berharap agar KPK dapat melanjutkan upaya pengusutan kasus Formula E.

“Kita tunggu saja keberanian dan kemauan KPK menuntaskan kasus Formula E, apakah akan membuat harapan baru atau akan memupuskan harapan masyarakat terhadap KPK.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *