Mini Food Estate, Program RT 15 Kelurahan Klender untuk Dukung Seruan Turunkan Angka Stunting

Nasional10,236 views

JAKARTA – Penurunan angka stunting menjadi salah program yang dianggap penting oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Seluruh kementerian dan lembaga diharapkan mendukung program menurunkan angka stunting.

Polri di bawah komando Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo menyerukan kepada jajarannya untuk membantu program pemerintah menurunkan angka stunting. Seruan itu disampaikan pada Kamis 26 Januari 2023.

“Sudah saya perintahkan kepada seluruh jajaran, seluruh Kapolres untuk mengecek (red: jumlah angka stunting) betul di wilayah masing-masing,” tulis Sigit dalam keterangan tertulis keapda wartawan.

Dikutip dari halaman web Kementerian Kesehatan, stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badanya berada di bawah standar.

Sebagai langkah konkret upaya mendukung program pemerintah, RT15/RW4 Kelurahan Klender, Jakarta Timur kembangkan mini food estate sebagai upaya memenhui kebutuhan gizi warga.

Menurut Ketua RT15 Yanuar Mahendra, mini food estate ini bisa dimanfaatkan oleh warga RT15 untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

“(Red: mini food estate) Bisa dimanfaatkan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan gizi, terutama untuk anak-anak kita di sini ya. Bisa dipenuhi gizinya, sehingga mencegah stunting yang otomatis menekan angka stunting.” ujar Yanuar.

Ketua RT yang juga Alumni SIP 48 WTA itu juga menjelaskan, pangan yang dikembangkan di mini food estate merupakan sayuran, buah dan hewan konsumsi yang memiliki kandungan gizi cukup dan baik bagi anak-anak.

“Belum ada sih penelitian kandungan gizi tumbuhan maupun tanaman, tapi dari pengetahuan awam kami, sayur, buah dan hewani di mini food estate bisa dikatakan memiliki kandungan gizi yang baik.” terangnya.

Diharapkan, mini food estate di RT15/RW4 Klender bisa ditiru oleh daerah lainnya. Memenuhi gizi anak-anak dengan mengembangkan dan memanfaatkan lahan yang ada merupakan langkah baik dan konkret yang bisa menekan laju angka stunting di Indonesia.

Yanuar berharap, ke depan anak-anak di RT15/RW4 Klender bisa terpenuhi gizinya, sehingga bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

“Ya kita berupaya seoptimal mungkin dengan keterbatasan kami untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus Bangsa Indonesia yang dipercayakan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita di sini,” pungkasnya.

Tidak menutup kemungkinan, di masa depan pemimpin-pemimpin bangsa, atlet-atlet kelas dunia dan orang-orang hebat lahir dari RT15/RW4 Klender. Semua dimulai dari langkah sederhana, mengembangkan mini food estate dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi generasi penerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *