Tekankan Kepastian Penegakan Hukum, Ketum Kawan-Nesia : Sangat Penting dalam Cegah Hoax Jelang Pemilu 2024

Nasional5,506 views
9 / 100

Jakarta – Berdirinya Komunitas Wartawan dan Netizen Seluruh Indonesia atau Kawan-Nesia bertujuan untuk menjembatani kepentingan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang sahih/benar/akurat, terutama ditengah perkembangan suhu politik yang kian memanas menjelang pemilu 2024.

Ketua Umum Kawan-Nesia, Ade Salman Elfarizi menyebut bahwa jelang Pemilu serentak 2024 kerap beredar berita-berita hoax dan membahayakan masyarakat.

“Bahaya hoax jelang Pemilu sangat berbahaya,” tegas Ade, hari ini.

Ade mengakui perkembangan teknologi yang berbasis internet saat juga sangat rentan untuk disalahgunakan oleh pihak tertentu, sehingga menjadi penting dalam penegakan hukum.

“Inilah pentingnya kepastian dalam penegakan hukum. Agar dipatuhi oleh seluruh elemen bangsa tanpa kecuali,” ucapnya.

Ade mengingatkan bahwa profesi jurnalistik, termasuk para pengguna internet atau penggiat media sosial, berada pada posisi yang sangat penting namun juga sangat rentan dalam memberikan informasi yang benar/akurat kepada publik. Apalagi menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Jurnalis dan warganet punya tanggung jawab besar untuk menyampaikan informasi secara objektif, tanpa memihak,” sebutnya.

Kata Ade, tidak semua informasi yang diterima wartawan dan netizen adalah informasi yang akurat, apalagi di tengah polusi misinformasi yang (pihak tertentu) sengaja disebarkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

“Untuk itulah Kawan-Nesia ini kita dirikan untuk membantu menjembatani/ memilah informasi yang benar dan akurat, sehingga tidak merugikan masyarakat. Kita punya banyak saluran untuk mengkonfirmasi setiap informasi langsung ke narasumbernya,” pungkas Ade Salman.

Untuk diketahui, deklarasi berdirinya KAWAN NESIA (Komunitas Wartawan dan Netizen Seluruh Indonesia) dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 30 Desember 2017. Deklarasi ini dihadiri oleh 24 orang Penggiat Sosial Media, Wartawan Media Online, Wartawan Media Cetak Deklarasi berlangsung dengan khidmad dan penuh optimism oleh para anggotanya.

Deklarasi KAWAN NESlA ini terlaksana di Kantor Sekretariat KAWAN-NESlA sekaligus peresmian kantor sekretariat KAWAN NESlA Jakarta Barat.

Terpilihnya kepengurusan inti KAWAN NESIA yaitu Ade Salman Elfarizi WD sebagai Ketua Umum. Nurhidayat, sebagai Wakil Ketua. Bentuk dari Organisasi KAWAN NESIA adalah Komunitas/Paguyuban yang didesign untuk lebih bersifat kekeluargaan, guyub dan bukan ikatan profesi tapi akan memperkuat organisasi serupa yang sudah ada. Dan kedepannya akan saling bersinergi untuk memajukan bangsa dan negara.

Program Utama KAWAN NESlA :

1) Silaturahmi dan Menjalin Kerjasama antar Lembaga.

2) Peningkatan kompetensi para anggota melalui workshop, training. seminar. kursus bahasa asing dan IT.

3) Program Unggulan : Diskusi 2 Bulanan “Rehat Kopi Membangun Negeri”. Akan diadakan secara setiap 2 bulan di Seluruh Kota-kota besar di Seluruh Indonesia dengan mengundang narasumber yang eukup kompeten dan berprestasi, sehingga bisa menginspirasi banyak rakyat Indonesia untuk Turut Membangun Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *