JARI 98 Apresiasi Polda Banten Gelar Kesenian Budaya Mulai dari Golok Banten Hingga Reog, Semarak Kebhinekaan!

Nasional8,633 views
8 / 100

SERANG – Polda Banten menggelar pagelaran seni budaya nusantara untuk memperingati Isra Mi’raj, Sabtu (18/2/2023). Bukan hanya kesenian budaya Banten yang dipertontonkan, keberagaman budaya dari sejumlah budaya di Indonesia juga ditampilkan.

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Banten Ny Wie Rudy, PJ Gubernur Banten Al-Muktabar, Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, PJU Polda Banten, serta masyarakat umum yang juga memeriahkan acara.

Ketua Presidium JARI 98 Willy Prakarsa pun mengapresiasi Kapolda Banten Prof. H. Dr. Rudy Heryanto Adinoegroho yang mengikuti jejak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menghidupkan dan melestarikan kembali budaya Indonesia yang hampir tergerus zaman.

“Ini wujud nyata merawat kebhinnekaan, melestarikan budaya nusantara. Salut dengan aksi yang luar biasa dari Kapolda Banten dan Kapolri,” tegas Willy, hari ini.

Untuk diketahui, ada sejumlah tarian budaya dipertunjukkan, mulai dari pertunjukan debus dan golok Banten. Tidak hanya itu, kesenian daerah di Indonesia juga dipertunjukkan, seperti Reog Ponorogo, kuda lumping, rampag beduk, tarian adat Papua, dan pertunjukan kebhinekaan lainnya, yang digelar mulai dari Sabtu siang hingga sore.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Didik Hariyanto mengatakan kegiatan ini berdasarkan inisiasi Kapolda Banten sebagai penghormatan budaya nusantara.

Inisiasi dari Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto sebagai penghormatan budaya nusantara, maka pada peringatan Isra Mi’raj kali ini selain diisi dengan pengajian dan ceramah juga akan dilangsungkan pagelaran seni budaya nusantara, kata Didik, Sabtu (18/2/2023).

Selanjutnya, di malam hari Polda Banten menggelar festival Reog Ponorogo dan kesenian wayang kulit, dengan Dalang Ki Purbo Asmoro.

Selain itu akan ada Wayang Kulit Semalam dengan lakon Begawan Bimo Suci dengan Dalang Ki Purbo Asmoro, tambah Didik.

Acara dimulai dengan pegelaran seni budaya nusantara, dilanjutkan dengan pengajian dan ceramah yang dipimpin oleh ulama kharismatik KH. Habib Lutfi bin Yahya dan ditutup dengan pertunjukan wayang kulit semalam, imbuhnya.

Didik menambahkan, acara ini dapat disaksikan langsung oleh masyarakat umum baik langsung ataupun daring.

Acara ini terbuka untuk umum, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung silakan datang ke Polda Banten. Kegiatan ini disiarkan langsung melalui platform media sosial Polda Banten mulai dari Instagram humaspoldabanten, Facebook Polda Banten, Twitter @_poldabanten, Tiktok @poldabanten dan Youtube Polda Banten,” tutup Didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *