Disambut Masyarakat, Presiden Jokowi Siap Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub di Abepura

Nasional5,904 views
8 / 100

JAYAPURA – Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua telah selesai dikerjakan. Gedung tersebut kini siap untuk diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Gedung PYCH tersebut diinisiasi Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof Budi Gunawan, SH, MSi bersama dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo untuk mewadahi kreativitas masyarakat. Kini, keberadaanya pun disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat Papua.

Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Berbagai program telah dijalankan oleh PMI bersama dengan BIN untuk meningkatkan berbagai potensi yang ada di daerah Papua. PMI dan BIN menjalankan berbagai program keberhasilan diantaranya pada bidang pertanian, peternakan, UMKM, dan Pendidikan.

Maria Fransisca Tambingo, salah satu peternak ayam petelur mengatakan pendampingan yang dilakukan BIN kepada generasi muda Papua melalui program PMI sangat bermanfaat.

“Sampai saat ini ada 18 titik lokasi peternakan ayam petelur yang telah dibangun dan dibina oleh papua muda inspiratif dan Badan Intelijen Negara yang tersebar di beberapa titik di Provinsi Papua,” ujarnya.

Finalis Puteri Indonesia tahun 2014 itu mengatakan, peternakan ayam petelur ini diharapkan dapat terus berkembang dan mampu untuk menguasai pasar di Papua. “Saya sebagai peternak ayam petelur memiliki target bahwa kami orang asli papua harus menguasai pasar telur di Papua,” katanya.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan yang peduli dengan masyarakat Papua dan membantu mensupport perkembangan swasembada di Papua.

“Saya mewakili peternak ayam petelur di Provinsi Papua menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia, kepala Badan Intelijen Negara dan Kementerian lembaga yang telah mensupport papua muda inspiratif dalam mengembangkan swasembada di Papua,” kata Maria.

Koordinator Papua Muda Inspiratif atau PMI wilayah Fakfak, Abdul Wahab Iha mengatakan, PMI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, dalam mendukung program nasional telah menyiapkan ternak sapi, lahan ternak dan lahan penanaman jagung.

“Saat ini kami yang tergabung dalam PMI sedang menjalankan program bengkel sapi atau kendang sapi untuk penggemukan sapi yang dititipkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Disamping peternakan sapi, PMI Fak Fak juga memproduksi Ikan Kaleng. “Selain bengkel sapi dan penitipan sapi, PMI di fak fak juga melakukan usaha ikan kaleng,” imbuhnya.

Dengan hadirnya Gedung PYCH, PMI dan BIN dapat lebih mengembangkan potensi-potensi yang ada di Papua. Pasalnya, Gedung tersebut memiliki fasilitas yang sangat lengkap dalam menunjang pengembangan talenta muda Papua.

Kehadiran gedung tersebut diharapkan mampu untuk membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat tanah Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *