International Tarhib Ramadhan SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Sambut Bulan Suci dengan Penuh Suka Cita

Nasional7,862 views
10 / 100

Jakarta – SD Muhammadiyah 5 Jakarta sambut bulan Ramadan dengan mengadakan Internasional Tarhib Ramadhan bertema “Struggle with Spirit” di Hall Sport LBS, Jalan Limau I Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan ini antusias di ikuti para peserta didik, guru, karyawan dan pimpinan SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan. Dan diawali dengan pawai tarhib ramadhan keliling sekitaran lingkungan SD Muma, pembukaan ayat suci Al Quran, dan sambutan-sambutan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Jakarta Ali Yusuf Syakir menjelaskan rangkaian kegiatan Internasional Tarhib Ramadhan diantaranya lomba menghias kelas, kemudian pawai keliling dan anak-anak sangat antusias. Selanjutnya acara Tausyiah yang akan di sampaikan oleh Syekh Ali Aldeeb dari Cairo Mesir.

https://www.instagram.com/reel/CqAWnNxD0ni/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

“Juga ada sharing inspirasi ramadhan dari sahabat kita Mr. Abdel dari Jerman tapi via zoom aja. Tujuannya adalah untuk membangun semangat kegembiraan terhadap anak-anak dalam menyambut bulan suci ramadhan,” sebutnya.

Ali Yusuf Syakir berharap para peserta didik SD Muma bisa siap menghadapi ramadhan secara fisik dan secara mental karena kegembiraan. Kemudian pawai dan kegiatan tersebut bisa menjadi penyemangat anak anak untuk mengikuti ibadah ramadhan.

“Alhamdulillah, Tarhib Ramadhan ini rutin. Tapi tema internasional ini sudah 3 tahun belakangan kita selenggarakan mengingat dunia teknologi sekarang sudah sangat canggih sehingga kita bisa berbagi sharing dengan banyak komunitas dibelahan dunia ini di waktu yang bersamaan, dan kita memanfaatkan itu,” bebernya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para siswa untuk mengikuti ibadah puasa dengan penuh semangat.

“Ketika puasa jangan sampai lemas, tidak semangat, tetap harus giat belajar. Untuk itu saya sampaikan kepada anak-anak,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa SD Muhammadiyah 5 Jakarta Selatan akan membangun kegiatan ramadhan itu dengan tema “must inspire of ramadan” dan rangkainnya maksimal di ramadhan ini.

“Ada ramadhan class room selama puasa ramadhan belajar official di kelas-kelas. Kemudian ada ig live “Bincang Qur’an” dan anak-anak nanti jadi narasumber di IG Live dan satu waktu akan ada gstar biasanya kita gstar nya temen-temen dari public figure atau artis,” sambungnya.

Ali Yusuf Syakir melanjutkan Islamic Parenting akan diisi oleh Ustadz Maulana ada kegiatan KulinerLive, yang akan dinanti setiap hari minggu dan ada live IG Kuliner keliling Jakarta.

“Ada ngabuburit dan yang terakhir kita ada hafalan qur’an yang dilakukan setiap hari kemudian setoran setiap rabu jam 12 sampai dengan jam 2. Setiap hari sabtu ada murojaah sampai dengan buka puasa. Ada juga pesantren kilat puasa ramadhan,” ujarnya lagi.

Ditempat yang sama, Lurah Kramat Pela Achmad Syarief mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam 5 Muhammadiyah Jakarta Selatan ini.

“Kita sudah ketahui banyak hal yang dikerjakan/kegiatan anak-anak dari mulai baca Al Qur’an, setoran qur’an, pesantren dan lain lain. Pesantren kilat ini sangat baik buat anak-anak kita yang tentunya sudah terprogram oleh sekolah,” kata Syarief.

Dia berharap kegiatan ini bisa menambah keilmuan kepada peserta didik dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan dengan program ini kita bisa menjadi contoh buat sekolah lain dalam kegiatan Tarhib Ramadhan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Komite SD Muhammadiyah 5 IPDA Imam Basori mengaku bahagia bisa berdiri berhadapan langsung dengan para peserta didik sekalian dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan penuh maghfirah.

“Mari sambut bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita dan gembira,” katanya.

Kata dia, masa seperti ini adalah masanya anak-anak untuk berlatih. Bulan suci Ramadhan menjadi momentum paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Mari berlomba-lomba melaksanakan kebaikan agar dapat meraih ridho serta pahala Allah SWT.

“Semoga Kita diberikan umur panjang dan barokah sehingga dapat melaksanakan puasa hingga akhir Ramadhan 1444 H. Aamiin,” katanya.

Dan ditutup dengan yel-yel “tunjukkan semangatmu” dan pantun :

ANAK Muma pergi ke Medan
Beli tampah dan juga beli mainan

Selamat datang Bulan Ramadhan
Mari mencari berkah dan ampunan

Dari rangkaian acara tersebut, nampak para peserta didik antusias mengikuti dan menyimaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *