Momen Oase Ramadhan 1444 H, Santri-Santriwati SD Muhammadiyah 5 Jakarta Penuh Antusias

Nasional5,509 views
7 / 100

JAKARTA – Setelah 3 tahun tidak melaksanan kegiatan Oase Ramadhan karena dampak pandemi covid 19, tahun ini SD Muhammadiyah 5 Jakarta kembali mengadakan program Oase Ramadhan 1444 H.

Oase Ramadhan yaitu program pesantren kilat SD Muhammadiyah 5 Jakarta yang selenggarakan pada bulan suci Ramadhan. Pelaksanaanya di mulai tanggal 7 April hingga tanggal 9 2023 yang hanya diikuti oleh siswa kelas 5.

Layaknya pesantren, maka semua menu kegiatan disajikan mirip dengan sebuah pesantren, dimana selama 24 jam siswa akan belajar tentang pengetahuan agama dan kedisiplinan, mulai dari shalat, materi akhlak, tadabur ijtima’i (kepedulian sosial) hingga materi khusus bagaimana merawat jenazah?

Oase juga menghadirkan pemateri-pamateri yg expert, termasuk menghadirkan “Guest House” Kak Dik Doank.

Kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Ali Yusuf Syakir, output dari kegiatan ini adalah setiap siswa dapat menjadi pribadi yang mandiri, paham terhadap fikih-fikih, akhkanya atau tindakannya menjadi lebih santun.

“Sejak datang hingga pulang siswa betul-betul dilatih kedisiplinannya, hingga puncaknya mereka diberi kesempatan membagikan sembako sebagai manifestasi kepedulian sosial” ujar Ali Yusuf Syakir.

Sementara itu, Ketua Komite SD Muhammadiyah 5 Jakarta IPDA Imam Basori mengemukakan bahwa tentunya akan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga yg akan didapat. Mulai dari bangun sahur, solat berjamaah,tadarus bersama, buka puasa bersama dg teman dan bapak Ibu Guru, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

“Jadi manfaatkan pengalaman baru ini untuk mendapatkan tambahan pahala dan ilmu agama,” ungkapnya.

IPDA Imam berharap kegiatan kali ini berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, dan para siswa semakin memiliki karakter dan nilai islami sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dan dapat mengamalkan nilai-nilai yang didapat dalam pesantren kilat kali ini dengan baik.

“Ikutilah kegiatan ini dengan seksama dan sungguh-sungguh, agar kalian mendapatkan ilmu dan pengalaman berharga yang td telah Bapak sampaikan di depan. Ingat !! Jaga kesehatan, agar dapat menjalankan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” katanya lagi.

Ditutup dengan pantun :

Beli ikan di toko sahabat
Ikannya besar, belinya lima
Ayo semangat anak-anak hebat
Ikuti kegiatan Oase Ramadhan di SD Muma

Para peserta didik “santri-santriwati” SD Muhammadiyah 5 pun juga menyambut antusias acara Oase Ramadhan 1444H dan bersiap mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *