LPADKT-KU Perantarai Mediasi Warga Perum PNS, Sepakat Dukung Pembangunan Pabrik Pengolahan Kertas PT. TCM

Nasional39 views
6 / 100

Tarakan – Pembangunan pabrik pengolahan kertas PT. Tarakan Chip Mill (TCM) di Kota Tarakan bertahap dalam penyelesaian pematangan lahan serta pembangunan kontruksi. Pematangan lahan cukup menimbulkan persoalan diantaranya bertambahnya antrian BBM subsidi jenis solar di SPBU yg diduga efek dari subcont yang melakukan aktivitas penimbunan di PT. Tarakan Chip Mill menggunakan BBM subsidi jenis solar, kemudian kerusakan jalan yang dilalui oleh kendaraan truck pengangkut tanah selama proses penimbunan lahan.

Aksi pemortalan jalan pernah dilakukan oleh warga kompleks Perumahan PNS RT 21 Kelurahan Juata Permai Tarakan Utara, aksi tersebut didasari atas kerusakan jalan utama di Komplek Perumahan PNS. Yang terdampak aktivitas truck angkutan tanah timbunan untuk pematangan lahan pabrik kertas, PT Tarakan Chip Mill (TCM).

Agr tidak terulang kembali aksi pemortalan jalan oleh warga, PT. Tarakan Chip Mill rutin melakukan perbaikan jalan seperti melakukan penyiraman jalan, meratakan jalan yang berlubang sehingga upaya-upaya tersebut dapat meminimalisir terjadinya aksi pemortalan warga yang berpotensi dapat menghambat progres pembangunan pabrik pengolahan kertas.

Salah satu ormas di Kota Tarakan LPADKT-KU (Laskar Pemuda Adat Dayak Kaltim – Kaltara) bersama warga Perum PNS, berkomitmen mengawal dan mendukung proyek pembangunan pabrik pengolahan kertas milik PT. Tarakan Chip Mill. Namun dengan syarat pihak perusahaan bersama pemerintah Kota Tarakan tidak mengabaikan hak masyarakat khususnya warga Perum PNS agar tetap bisa menikmati fasilitas jalan dan terus melakukan perbaikan jalan. Selain itu warga Perum PNS dapat diberi kesempatan lebih besar untuk bekerja ketika pihak perusahaan membuka lapangan pekerjaan.

Robinson sebagai Ketua LPADKT-KU Kota Tarakan bersama warga RT 21 Perum PNS Kelurahan Juata Permai bersedia melakukan upaya mediasi untuk menyelesaikan setiap permasalahan akibat dampak dari pembangunan pabrik kertas tersebut.

“Sehingga nantinya dengan adanya kesepakatan yang mufakat warga tidak lagi melakukan aksi spontanitas berupa pemortalan jalan yang sangat berdampak pada progres pembangunan pabrik pengolahan kertas PT. Tarakan Chip Mill.” tegas Robinson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *