Dukung Pemilu 2024 Aman Damai, IKAJAYA Banda Aceh : Stop Hoax, Isu SARA & Politik Identitas

Nasional16 views
9 / 100

Banda Aceh – Ketua Ikatan Keluarga Aceh Jaya (IKAJAYA) Banda Aceh, H Abdul Malik Musa, SH, M. Hum berharap agar pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Unsur SARA dan politik identitas saat ini rentan dijadikan sebagai sebagai komuditas politik negatif oleh beberapa oknum. Berkaitan dengan hal tersebut, H Abdul Malik Musa yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh masa bakti 2022-2027 berharap agar Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan damai tanpa melibatkan unsur SARA didalamnya.

“Saat ini banyak sekali beredar berita bohong (HOAX), ujaran kebencian (HATE SPEECH) yang berkonten isu SARA dan politik identitas di media sosial, dan biasanya akan langsung disebarkan tanpa berpikir akan berdampak pada masalah hukum”, katanya, Jumat, 06 Oktober 2023

Menurutnya, perkembangan zaman yang berdampak kepada kebebasan dan kecepatan informasi publik pada dasarnya sangat besar manfaatnya apabila dapat dimanfaatkan secara bijak oleh masyarakat. Namun, perkembangan teknologi informasi juga berdampak signifikan terhadap perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat. Informasi yang terkadang belum terkonfirmasi kebenarannya acapkali dipahami secara instan oleh masyarakat dan menjadi dasar pemikiran terhadap suatu kejadian.

“Menjelang tahun politik banyak berita yang belum diketahui kebenarannya menyebar dengan cepat, sehingga berpotensi memecah belah bangsa jika tidak ditangkal, terlebih politik identitas.” ujarnya.

Dirinya juga meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi, karena kemenangan kandidat tertentu akan mengorbankan keseluruhan masa depan bangsa Indonesia.

“Kemenangan kandidat tertentu akan mengorbankan keseluruhan masa depan bangsa Indonesia,” katanya.
Kemudian dirinya meminta TNI-Polri mengantisipasi dan melakukan pengamanan serta menegakkan hukum sehingga tercipta situasi yang aman, damai, dan kondusif.

“Mari merajut silaturahmi dengan bersatu dan berkeluarga dalam bingkai NKRI, seperti yang kita ketahui bersama Muhammadiyah adalah salah satu ormas islam terbesar di Indonesia dan sudah ikut berperan aktif dalam sejarah perjuangan kemerdekaan hingga saat ini masih tetap menjaga persatuan dan persatuan Indonesia.” tandasnya.

Terakhir dirinya menyampaikan bahwa, Mendukung kinerja TNI POLRI untuk menjaga kedaulatan NKRI untuk indonesia damai.Keutuhan NKRI adalah harga mati, tidak bisa kita tawar-tawar. Untuk itu, saya pribadi berharap kita semua sadar untuk tidak gampang diadu domba oleh berbagai hal yang ingin memecah belah keutuhan Negara Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *