Stafsus BPIP : Kedepankan Ide Bukan Politik Identitas, Wujudkan Pemilu Damai dalam Semangat Nataru

Nasional85 views

Jakarta – Di bulan Desember 2023 ini Indonesia memasuki waktu yang istimewa dengan perayaan Natal dan pergantian tahun yang disambut dengan suka cita.

Suasana gembira menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru bersamaan dengan kampanye pemilihan umum legislatif dan presiden 2024.

Divisi Humas Polri menggelar Dialog Publik Akhir Tahun dengan tema “Kesiapan Polri Dalam Menyambut Natal Dan Tahun Baru di Masa Kampanye Pileg dan Pilpres 2024” pada 29 November 2023 di Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan menyebarkan pesan damai, menggalang kesadaran kolektif, dan memperkuat persatuan bangsa di tengah hiruk-pikuk kampanye politik.

Staff khusus ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menekankan pentingnya pemilihan pemimpin yang bijaksana, mampu menjaga damai, serta memiliki keutamaan.

Dia mencatat perubahan positif dengan hilangnya polarisasi dan pembelahan, tetapi menyoroti tantangan dari pengaruh media sosial yang memerlukan rasionalitas dan kesadaran dari pemilih.

Bawaslu dan KPU diingatkan untuk menjaga netralitas dan memberikan sanksi tegas terhadap pelanggaran demi menjamin pelaksanaan pemilu yang damai.

Pemimpin diingatkan untuk memiliki public virtue, menjadi contoh dalam masyarakat, dan taat kepada etika.

Pentingnya mendengarkan suara hati terdalam dalam menjalankan peristiwa politik ditekankan, dengan moralitas publik yang mengikat dan aplikatif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Elit politik diharapkan menjadi contoh keadaban berpolitik, menggerakkan proses politik yang bertujuan pada kebaikan, bukan sekadar mengejar kemenangan.

Konsep politik gagasan dianggap sebagai pemeran utama, membangun politik rasional melalui adu gagasan dalam debat publik.

Ketenangan masyarakat diharapkan dapat tercipta jika elit politik menjadi negarawan yang berbagi gagasan, bukan identitas politik, sehingga damai sejahtera dapat dirasakan oleh semua.

Dialog Publik dihadiri oleh narasumber utama, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., dan Devie Rahmawati, M.Hum, yang memberikan pandangan mendalam terkait persiapan Polri dalam menghadapi momen bersejarah ini.

Diharapkan, melalui kerja sama antara masyarakat, lembaga penegak hukum, dan elit politik, Indonesia dapat menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 dengan damai, serta melaksanakan pemilu yang berintegritas dan meriah pada 14 Februari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *