Kepuasan Publik ke Polri Naik 87,8 %, Ketum Rampai Nusantara : Apresiasi Kinerja Kapolri & Jajaran! Polri Makin Dicintai Rakyat

Nasional11 views
7 / 100

Jakarta – Survei Litbang Kompas menunjukan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri mencapai 87,8%. Dari survei tersebut, sembilan dari sepuluh responden sepakat untuk menyatakan puas terhadap pelayanan yang dihadirkan Polri kepada masyarakat.

“Secara rata-rata, tak kurang 87,8% publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi,” tulis survei Litbang Kompas, dikutip Selasa (26/12/23).

Merespons hal ini, Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah memberikan apresiasi penuh kepada Polri. Ia yakin Kapolri, Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya memang berkomitmen untuk membangun institusi Polri menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

“Sejak awal Jenderal Sigit diangkat menjadi Kapolri, kami sudah meyakini Polri akan semakin dicintai masyarakat dan kinerja Polri secara kelembagaan akan semakin baik.” tegasnya, hari ini.

Ia menegaskan bahwa Jenderal Sigit sebagai pucuk pimpinan Polri memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat kuat dengan pendekatan yang merangkul semua pihak.

“Pendekatan Kapolri dengan merangkul semua pihak untuk dijadikan satu kekuatan dalam memajukan Polri sangat penting. Hal ini juga didukung tekad yang kuat untuk terus berupaya untuk membenahi Polri dan menjadikan Polri sebagai salah satu kekuatan negara menuju indonesia emas 2045.” ungkap Semar, panggilan akrab Mardiansyah.

Selain itu, menurutnya, rasa empati Jenderal Sigit terhadap masyarakat yang sedang kesulitan akan semakin melengkapi apa yang selama ini publik lihat bahwa Jenderal Sigit sebagai Kapolri mempunyai sikap yang baik dalam semua kalangan masyarakat.

“Contohnya seperti Sinta Aulia pengidap tumor tulang dan Sultan, korban kabel fiber optik yang menjuntai. Keduanya dibantu Kapolri untuk berobat sampai sembuh atau kondisinya membaik, dan banyak lagi lainnya yang dibantu oleh Jendral Sigit. Ini menunjukkan beliau bukan saja mampu dan berhasil memimpin Polri dengan sangat baik tapi juga tingginya rasa empati terhadap masyarakat membuat publik merasa sangat puas atas kinerja Polri.” bebernya.

“Inilah bukti keberhasilan kepemimpinan Jenderal Sigit secara menyeluruh.” pungkasnya.

Diketahui, dalam survei Litbang Kompas, dijelaskan bahwa tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dinilai sangat positif oleh publik. Lebih dari 89% responden sepakat menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas.

Untuk penegakan hukum yang dilakukan Polri, empat dari lima responden menilai sangat puas.

Sementara, untuk pelayanan pengaduan masyarakat mendapat angka kepuasan 68,7%. Masyarakat menyatakan, pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Namun, 16,8% responden memilih melakukan pengaduan lewat media sosial.

Dari hasil survei Litbang Kompas itu, secara keseluruhan menunjukan bahwa evaluasi kinerja Polri mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Hal itu menunjukkan bahwa komitmen Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo untuk menghadirkan personel yang profesional telah terealisasi.

“Apa yang terefleksi dalam kinerja yang ditunjukkan oleh Polri tersebut juga semestinya menjadi bentuk konfirmasi bahwa upaya pembenahan, termasuk pengawasan melekat dalam internal institusi, telah berjalan apik,” jelas survei tersebut.

Survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober-15 November 2023. Survei dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah Polda dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum menunjukkan capaian sangat positif bagi kinerja Polri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *