HMI Surabaya Deklarasi Dukung Pilpres Satu Putaran, Jaga Stabilitas Nasional

Nasional13 views
6 / 100

Surabaya – Manifesto Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surabaya melakukan Deklarasi Pilpres 2024 satu putaran. Ketua Umum HMI Cabang Surabaya Azam Purwoaji mengatakan Pilpres satu putaran dapat menciptakan stabilitas politik nasional.

“Hari ini kami (HMI) Cabang Surabaya mendeklarasikan Pilpres 2024 satu putaran untuk menciptakan stabilitas politik nasional dan meminimalisir polarisasi politik di tengah masyarakat,” kata Azam di Balai Pemuda Surabaya, Jumat (2/2/2024).

Ia mengatakan Pilpres satu putaran harus berjalan dengan sehat dan damai. Dia mengatakan hal itu dapat mencegah pertarungan head to head di putaran kedua yang dianggapnya dapat memicu perpecahan seperti Pilpres 2014 dan 2019.

Deklarasi itu digelar di Lapangan Balai Pemuda Surabaya (2/2) sekitar pukul 13.30 WIB. Deklarasi dihadiri jajaran pengurus dan kader HMI Surabaya.

“Sikap kami adalah mendorong Pilpres 2024 terlaksana dalam satu putaran untuk menjaga stabilitas nasional dan meminimalisir polarisasi politik. Keadaan tersebut juga akan berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik,” tuturnya.

Dia menyatakan proses menuju ruang pembelajaran demokrasi bangsa Indonesia bukan suatu hal yang mudah. Sebagai generasi muda, katanya, mengisi ruang demokrasi harus dilakukan dengan menyuarakan gagasan.

“Standing position kami dalam deklarasi ini selain memuat substansi dan harapan Pilpres terlaksana dalam satu putaran, kami juga mengajak generasi milenial dan gen Z melek politik serta berani mengawal suksesi pemilu dengan kemerdekaan menyuarakan ide dan gagasan dalam bentuk apapun. Selain itu saya pribadi mengajak kepada seluruh generasi muda yang menjadi mayoritas pemilik suara dalam Pemilu 2024 untuk geruduk TPS dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani guna menentukan masa depan bangsa yang lebih baik,” ujarnya.

Azam mengatakan perlunya mengambil sikap dalam menghadapi Pilpres 2024. Dia mengatakan HMI Surabaya memegang teguh nilai independensi organisasi dan mengedepankan narasi persatuan dan kesatuan bangsa menjelang Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil kajian internal HMI Cabang Surabaya, kata Azam, ada beberapa poin deklarasi yang telah disepakati tanpa memihak kepada pasangan capres dan cawapres tertentu. Berikut isi deklarasinya:

1. Mendorong Pilpres 2024 satu putaran dengan tujuan menciptakan stabilitas politik nasional dan meminimalisir polarisasi politik di tengah masyarakat

2. Mengajak generasi milenial dan gen Z untuk mengawal Pilpres 2024 satu putaran dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (LUBERJURDIL).

3. Mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilihnya guna menentukan estafet kepemimpinan bangsa ke depan yang lebih baik, serta memperkuat persatuan dan kesatuan nasional dalam menghadapi Pilpres 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *