KRPD Gelar Dialog Publik, Dorong Pemilu Damai Demi Wujudkan Keberlanjutan Pembangunan Nasional

Nasional12 views
6 / 100

Jakarta – Koalisi Rakyat untuk Pemilu Damai (KRPD) menggelar diskusi publik bertemakan ‘Pemilu Damai 2024, Agenda Keberlanjutan Pembangunan Nasional’ di Ballroom Hotel Horison Nindya Semarang, Minggu (4/2).

Diskusi ini menghadirkan Pakar Politik Universitas Diponegoro Semarang Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol. kemudian Mantan Ketua Komisioner Informasi Publik Jawa Tengah Drs. Sosiawan, M.H. sebagai narasumber.

Ketua Umum KRPD Claudion Kanigia Sare mengatakan, Pemilu 2024 harus mengedepankan politik gagasan yang bersandar pada problematika rakyat.

“Masih banyak persoalan yang dialami oleh rakyat seperti pengangguran, kemiskinan, ketimpangan. Mestinya itu yang menjadi perdebatan utama para kontestan pemilu 2024,” kata Dion seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (6/2/2024).

Menanggapi hal itu, Teguh Yuwono mengatakan, Indonesia telah memilih demokrasi sebagai warisan luhur nenek moyang. Maka dari itu, dalam demokrasi partai politik harus memberikan pendidikan politik bagi rakyat agar menjadi pemilih cerdas.

“Jadilah pemilih yang berdasarkan kebijakan yang berorientasi kemakmuran & kesejahteraan,” minta Teguh.

Teguh sepakat, jika Pemilu berjalan damai maka NKRI bisa tetap utuh. Syaratnya, Pemilu harus berintegritas dan berkualitas.

“Pemilu harus berjalan damai dengan syarat penyelenggara harus independen, imparsial serta profesional. ASN juga harus netral agar memberikan pelayanan yang adil,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *