Tokoh Bersih dan Berintegritas, Jan Maringka Ungguli Elektabilitas Pilgub Sulut

Berita, Politik42 views

Penapos.com -Tokoh Sulawesi Utara (Sulut) Jan Maringka mengungguli semua bakal calon Gubernur Sulut dalam survei mengukur preferensi masyarakat Sulut dalam Pemilihan Gubernur 2024. Survei dikeluarkan oleh Timur Barat Research Center (TBRC) Sulawesi Utara.

Data yang dikumpulkan pada tanggal 25 Juni hingga 4 Juli 2024 tersebut, dilakukan beberapa simulasi. Salah satunya tingkat elektabilitas secara Top of mind calon gubernur Sulawesi Utara.

“Berdasarkan temuan hasil survei Pilgub Sulut dari Timur Barat Research Center (TBRC) diperoleh hasil sebagai berikut, Elly Engelbert Lasut 25,3 %, Jan Maringka 24,2 %, Steven Kandouw 6,7%, Christiany Eugenia Paruntu 5,3%, Tatong Bara 4,8%, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 3,1%, Yulius Selvanus Komaling 2,8%, James Sumendap 2,1%, Vicky Lumentut 1,1%, Ronny Franky Sompie 1,1%, Carlo Brix Tewu 1,1%, Lainnya 1 %, dan belum Memutuskan 18,4%,” terang Direktur Eksekutive TBRC, Johanes Romeo di Manado, Sabtu (6/7/2024).

Menurut Romeo, hasil survei tersebut tentu menjadi menarik menuju helatan Pilgub Provinsi Sulawesi Utara ini. “Provinsi di beranda paling utara Indonesia, sekaligus pintu gerbang Asia Pasifik ini,” ucapnya.

Jan Maringka dikenal sebagai sosok bersih dan mempunyai integritas tinggi dalam profesinya selama ini. “Hal itu membuat masyarakat Sulawesi Utara tempat asalnya mengapresiasi sangat signifikan dengan tingkat keterpilihan sebagai calon gubernur Sulawesi Utara jika Pilgub digelar hari ini dengan pertanyaan tertutup, di mana dalam survei untuk mengukur preferensi masyarakat Sulawesi Utara jelang Pilgub
angka tingkat keterpilihan Jan Samuel Maringka mencapai 26,3 persen melebihi tingkat keterpilihan Bupati Kepulauan Talaud Dr. dr. Elly Engelbert Lasut, M.E di angka 24,7 persen,” jelas Romeo.

“Kemudian petahana Wagub Sulawesi Utara Steven Kandau dengan tingkat keterpilihan 13,4 persen, lalu Mayjen (purn) Yulius Komaling tingkat keterpilihan 8,1 persen, Rita Tamuntuan, Istri gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dengan tingkat keterpilihan 7,3 persen, mantan Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara tingkat keterpilihan 4,2 persen ,Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Eugenia Paruntu 4,1 persen dan tidak memilih sebanyak 11,9 persen,” sambungnya menerangkan.

Romeo menyebut, dari tingkat elektabilitas dukungan terhadap calon gubernur dengan simulasi pertanyaan tertutup untuk 10 nama, maka hasilnya 1. Jan Maringka 27,3%, 2. Elly Engelbert Lasut 26,4%, 3. Steven Kandouw 9,5%, 4. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 6,8%, 5. Christiany Eugenia Paruntu 5,8%, 6. Tatong Bara 4,5%, 7. Yulius Selvanus Komaling 4,2%, 8. Vicky Lumentut 1,6%, 9. Ronny Franky Sompie 0,4%, 10. Carlo Brix Tewu 0,3%, dan tidak memilih 13,2%.

“Maka kesimpulan nya, berdasarkan berbagai simulasi yang ada berpatokan kepada hasil survei TBRC yang melibatkan 1800 warga Sulawesi Utara yang sudah memiliki hak pilih saat Pilgub berlangsung nanti, dan tersebar secara proposional di 11 kabupaten dan 4 kota di Provinsi Sulawesi Utara, dan hasil survei ini memiliki margin of error +/- 2,31 persen dengan tingkat kepercayaan 95 %,” ucapnya.

“Kesimpulannya hanya tiga nama yang konsisten peringkat teratas, mereka adalah Jan Maringka, Elly Engelbert Lasut, dan Steven Kandouw. Didasarkan perilaku pemilih masyarakat Sulawesi Utara yang unik yakni suka figur yang tidak punya masalah sosial & hukum, budaya politik yang sangat demokratis ,serta pemilih rasional, karena orang di Sulawesi Utara dari segi literasi/pendidikan atau pengetahuan di atas rata-rata
Dimana, pemilih di sulawesi utara tahu bagaimana memilih pemimpin yang rasional dengan mengutamakan kemajuan dan kesatuan NKRI,” jelas Romeo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *